Senin, 06 Juni 2011

tip & trik: hape boros batre



http://cooltext.com/

hape boros batre
batre boros bikin kantong boros...beli batre terus..cari solusinya yo coy.
1.cek hape dengan power suplay bila belom di tekan tombol on//off pada hape jarum amper pada power suplay sudah naik kerusakan ada pada IC PA.
2.ganti IC PA batre tidak akan boros lagi.

hape bisu dan tuli
jika hape bisu orang yang kita hubungi tidak dapat mendengar suara kita,begitu juga sebaliknya dengan hape tuli kita tidak bisa mendengar suara yang kita hubungi.cari solusinya yo coy.....
.1.cek speker dengan power suplay kasih arus 3 volt saja konek kabel + dari power suplay ke kaki conektor speker dan yang kabel - di ketukan saja ke kaki satu lagi pada speker,bila jarum amper bergerak speker masih bagus,bila tidak spekernya rusak jadi ganti speker baru.
2.bila masih tuli coba cek jalurnya pakai multi tester cek +



dan - pada pin pcb mesin hape penhubung speker,bila jarum multi tester tidak bergerak berati putus jalur kita bisa perbaiki dengan metode jumper
3.jika jarum amper bergerak berarti jalur bagus,panaskan ,reblow dan rehat IC AUDIO .

4.untuk hape yang bisu coba cek komponen mic dengan multi tester,bila jarum multi tester bergerak berarti mic masih bagus,bila tidak bergerak pada jarum multi tester ganti micnya.bila sudah diganti tapi masih bisu penanganannya sama pada no.2,3.


solusi led(lampu).getar.ringtone









Apa jadinya bila hape tanpa lampu,getar dan ringtone,bisa-bisa orang yang menghubungi kita bisa kesel.bagaimana biar bisa berfunsi kembali..cari solusinya yo....
1.led bila laampu tidak nyala pada hape bikin repot bila di tempat gelap,cek pada komponen led kita bisa mengukurnya dengan multi tester,bila nyala led masih bagus sekarang cek jalur led ke IC UI bila bila jarum tidak bergerak brarti putus jalur jumper jalurnya,bila jalur baik,coba kita panaskan IC UI bila tidak bisa nyala juga cek jalur led ke konektor + batre bila putus jalur jumper.
2.Getar cek komponen getar dengan multi tester bila baik getar akan bergerak,bila tidak penanganannya seperi no 1
3.ringtone cek dengan multi tester pada komponen buzzer ( speker luar) bila masih bagus jarum pada multi tester akan bergerak,cek jalurnya dari buzzer ke IC UI bila jarum multi tester tidak bergerak brarti putus jalur,jumper jalur tersebut bila tidak bunyi juga panaskan IC UI sebelum mengantinya.


hape terkena air


gimana bisa terjadi hape bisa kena air,apa lagi jika itu hape boleh pinjam lah tambah pusing.hape kena air sebabya banyak,perhatian kl mau ngedon ke wc jgn bawa-bawa hape?yo kita cari solusinya.

jika tiba-tiba hape kecemplung tangan kamu harus cekatan cepat ambil,bila hape masih nyala langsung copot batray keringkan mesinnya di terik matahari ya kira-kira 2 hari di jemurnya benar-benar harus seteril dari air.
bila hape dalam keadaan mati akibat air,cuci terdahulu dengan cairan pembersih ( cairan ipa ).pakai cairan thiner juga bisa lalu panaskan dengan solder uap tapi jangan sampai angus nanti bisa jadi gatot ( gagal total ).nah sudah itu dingin kan dulu baru kita ukur dengan power suply apa bila jarum amper sudah naik pada jarum amper power suply sebelum kita tekan power on/off pada hape berarti terjadi short ganti IC power lalu flash ulang.
bila kita tekan on/off pada hape jarum amper pada power suply +50 miliamper biasanya terjadi pada software
bila tidak ada reaksi sama sekali pada jarum amper apabila kita tekan on/off pada hape coba kamu ukur v bat pada batray ke resistor cpu,karna begitu on/off pada hape kita tekan cpu lansung mendapatkan arus positif dari v bat,mungkin ada yang putus jalur.


hape no sinyal



1.coba priksa dulu antenanya,apakah terhubung dengan pin antena pcb mesin hape,jika erjadi kelonggaran atau koneksi jelek maka akan ertjadi no sinyal,kebanyakan antena hape jadi satu dengan tulang casing jadi pastikan konektor antena terhubung dengan baik.


2.coba cari jaringan di pengaturan hape,cari secara manual bila gagal terjadi kerusakan pada IC RF.ganti IC RF yang baru.


3.jika satu opprator saja yang dapat ganti IC VCO.


4.bila dapat jaringan tapi tidak dapat menhubungi ganti IC PA.dan bila sudah di ganti dan jalur IC PA tidak ada masalah,coba di flash ulang dengan ufs 3 tornado





5.coba sistem jumper ...lihat gambar diatas .


hape matot ( mati total )





terjadinya hape matot ada tiga macam ; yaitu mati sendiri tanpa kejadian insiden tersebut ,terjatuh dan terkena air ( terendam ).di ke tiga macam itu apabila hape mati sendiri , maka cara perbaikannya di flash ulang biasanya terjadi pada kerusakan software gunakan alat flasher ufs3 tornado untuk perbaikan.dan bila hape terjatuh maka mengananganinya khusus; jadi persiapkan dulu peralatannya di antaranya obeng T6 ,multi tester,power suplay,blower,solder,timah gulung,thiner ,dan kabel jumper. bongkar hape dan panas kan seluruh komponen mesin hape sampai merata agar komponen yang renggang rapet lagi. setelah itu uji dengan power suply apa bila tombol on/off pada hape di tekan jarum amper menunjukan +50 milliamper maka kerusakan ada pada bagian software,tapi bagai mana bila sudah flash dan upgrad dengan versi tinggi tidak mau hidup juga.nah sakarang coba beri arus pada mesin hape dengan power suplay,ukur dengan multi tester pada V bat konektor + batre pada hape ke resistor cpu ,lalu tekan on/off pada hape (hape dalam keadaan di beri arus tegangan dari power suplay).bila ini hape akan nyala ,setelah itu jumper pada komponen yang telah kita ukur tadi.dari keterangan diatas apabila kita ukur setelah on/off pada hape di tekan jarum amper tidak ada reaksi alias tidak ada tegangan maka IC power yang harus di ganti....upps sebelum di ganti coba panaskan sekali lagi pada IC power.Dan kasus pada hape yang terendam atau terkena air.......bersambung;

gotic cellular...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar